Jalan-Jalan Dan Wisata Ke Toraja Bersama Cewek Blogger Cantik Andina Laksmi

Cerita Perjalanan Andina Laksmi Selama Mengunjungi Tempat Wisata di Tana Toraja

Wisata Holik - Kali ini Admin Wisata Holik akan membagikan Cerita jalan-jalan Traveling Blogger dari Andina Laksmi selama berkunjung di Toraja. Cerita Lengkap mengenai Adina Laksmi dapat di baca di blog pribadinya di laksmiandina.wordpress.com.

Di awal bulan April tahun 2014 ini alhamdulillah saya berkesempatan untuk mengunjungi Makassar lagi (dengan gratisss lagi tentunya). Saya kalau ke makassar memang nunggu gratisan dengan cara daftar diklat di kantor. Sejak dulu saya sudah bercita-cita untuk berwisata ke Tana Toraja, tapi masih ragu-ragu dengan jaraknya yang jauh dan waktu yang mepet. Jadi pada awalnya saya dan teman diklat saya dari surabaya merencanakan untuk menghabiskan weekend setelah diklat ke Tanjung Bira. Tapi kayaknya ga seru kalau ke Tanjung Bira cuma berdua aja, makanya kami ganti haluan untuk ke Toraja. Asyiiikkk…. akhirnya tercapai cita-citaku.

7 unsur kebudayaan Andina Cewek IGo Wosata toraja 7 petarung andalan Andina Cewek IGo Wosata toraja 8. Andina Cewek IGo Wosata  gempa Andina Cewek IGo Wosata toraja 8 februari 2015

Oya, partner travelling saya kali ini namanya Grandis, teman satu kantor yang ikut diklat bareng. Grandis ini selain punya hobi travelling dia juga punya hobi fotografi, dan dia adalah seorang fotografer profesional lhooo… Dia punya usaha fotografi yang diberi nama Grafato. Hasil-hasil fotonya sumpah keren abis… Jadi nyesel dulu pas hamil rendra belum kenal sama grandis (pengen banget difoto pas hamil besar).

paket tour Andina Cewek IGo Wosata toraja 4 hari 3 malam hotel bintang 4 Andina Cewek IGo Wosata toraja 5 lagu Andina Cewek IGo Wosata toraja

Dua hari sebelum berangkat kami membeli tiket bus Bintang Prima di pool-nya, jalan perintis kemerdekaan. Tarif bus dari Makassar ke Toraja adalah Rp160 ribu untuk bus type Scania (yang paling bagus). Sedangkan yang air suspension tarifnya Rp140 ribu. Kami memilih yang Scania dong supaya bisa tidur dengan nyaman. Jadwal keberangkatan bus adalah pukul 21.30 wita.

Pada hari jumat malam kami sudah sampai di pool bus Bintang Prima pukul 21.00. Setelah menunggu cukup lama, sekitar pukul 22.00 kami baru berangkat. Bus ini sangat nyaman, tempat duduknya besar dan reclining. Ada sandaran kakinya dan juga dilengkapi dengan guling kecil dan selimut. Tapi bus ini memang tidak dilengkapi dengan toilet, mungkin supaya ga bau pesing kali yaa

Esoknya, hari sabtu pukul 6 pagi kami sampai di Rantepao, Toraja. Setelah turun dari bus, kami langsung disambut oleh tukang bentor. Kami minta diantar ke Wisma Monika, jaraknya cukup dekat, abang tukang bentor hanya meminta bayaran Rp 5 ribu. Alamat wisma ini di jalan Dr. Samratulangi No 36, Rantepao. Kami sengaja menyewa kamar di Wisma Monika hanya untuk mandi. Yaa daripada ga mandi ato numpang mandi di restoran kan lebih baik keluar duit dikit untuk kenyamanan dan kebersihan. Harga kamar yang paling murah di Wisma Monica adalah Rp250 ribu dengan fasilitas shower air panas dan sarapan. Oyaa.. air panas ini nantinya sangat berguna bagi kami lho. Selain Wisma Monica, ada juga wisma lain namanya Wisma Maria. Menurut blog yang saya baca di wisma maria ada kamar yang tarifnya hanya 100 ribuan. Tapi karena lihat foto kamar mandinya jelek saya jadi ogah.

Setelah selesai mandi, kami sarapan di wisma. Menu makanannya adalah nasi goreng dan telur ceplok. Rasanya ga enak sih, tapi ya sudah dimakan aja. Sebelumnya Grandis keluar untuk mencari penyewaan motor dan dapat di wisma maria dengan harga Rp70 ribu per hari. Pagi itu gerimis turun, tapi gak menyurutkan niat kami untuk mengeksplore Toraja. Jadi kami menembus hujan gerimis menuju Kete’ Kesu, obyek wisata yang menjadi tujuan pertama kami.

Batutumonga, Keindahan Alam Tana Toraja

Setelah dari Londa kami memutuskan istirahat makan siang dulu di Rantepao. Oya, di jalan menuju Rantepao ada patung Kebo Belang di tengah pertigaan. Kami berhenti dulu deh disana untuk berfoto. Ya lumayanlah untuk menghilangkan kekecewaan karena ga bisa lihat Kebo Belang di Pasar Bolu. Setelah berfoto kami mencari tempat makan di Rantepao yang halal tentunya. Akhirnya kami makan ayam goreng plus Coto Makassar di salah satu warung makan di dekat pool Bus Bintang Prima. Harganya lumayan mahal sih, makan berdua abis Rp 80 ribu.

paket tour Andina Cewek IGo Wosata toraja 3 hari 2 malam video tana Andina Cewek IGo Wosata toraja 3gp mp3 Andina Cewek IGo Wosata toraja download londe Andina Cewek IGo Wosata toraja 3gp download lagu Andina Cewek IGo Wosata toraja 3gp sixteen 3 Andina Cewek IGo Wosata toraja

Setelah kenyang kami melanjutkan perjalanan berikutnya yaitu ke Batutumonga. Batutumonga adalah dataran tinggi di Toraja utara yang memiliki pemandangan yang indah. Banyak yang menyebut Batutumonga adalah kampung di atas awan. Perjalanan ke Batutumonga cukup jauh, hampir di setiap persimpangan kami bertanya arah ke penduduk sekitar. Di sepanjang jalan kami juga sering berhenti kalau ketemu view yang indah untuk difoto. Maklum lah… yang satu fotografer dan yang satu lagi foto model jadi gituu deehh…. Wkwkwkwk…

festival Andina Cewek IGo Wosata toraja 2015 bandara Andina Cewek IGo Wosata toraja 2015 dero Andina Cewek IGo Wosata toraja 2014 lagu Andina Cewek IGo Wosata toraja 2015 wisma maria 2 Andina Cewek IGo Wosata toraja lagu2 Andina Cewek IGo Wosata toraja 2 hari di Andina Cewek IGo Wosata toraja 3gp Andina Cewek IGo Wosata toraja misiliana Andina Cewek IGo Wosata toraja 3*

Pemandangan di sepanjang jalan ke Batutumonga kebanyakan adalah pemandangan sawah terasering yang hijau. Ada juga beberapa batu besar yang di dalamnya terdapat lubang umtuk makam. Selain itu juga ada Tongkonan yang berdiri di tengah sawah. Jalan yang kami lewati agak sempit dan banyak yang rusak akibat tergerus air. Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang sampailah kami di sebuah warung yang terletak di pinggir tebing. Kami berhenti disana, bukan untuk makan, tapi jalan ke atas masih belum beraspal. Jadi kami ragu untuk meneruskan. Kami lalu berfoto2 disana dan karena hari sudah sangat sore dan langit mendung tebal kami memutuskan untuk kembali. Kayaknya bentar lagi hujan deras nih…

injil masuk Andina Cewek IGo Wosata toraja 100 tahun gaji 13 Andina Cewek IGo Wosata toraja utara Andina Cewek IGo Wosata toraja bambu 1 padang padang seaview Andina Cewek IGo Wosata toraja bambu house 1 seaview padang wisma maria 1 Andina Cewek IGo Wosata toraja

Persis seperti dugaanku, baru beberapa km kami berkendara, hujan lebat turun. Kami tidak punya pilihan selain berhenti berteduh. Akhirnya kami berhenti di sebuah rumah untuk berteduh. Hujan ini sangat deras dan lama sekali, udah gitu disana hawanya sangat dingin. Bbbrrrr…. Ketika  hujan sudah tidak terlalu deras, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. Kamera dan hp kami amankan dulu di bagasi motor. Kemudian kami siap deh menembus hujan kembali ke Rantepao. Bbbrr… dingin… Sukses deh basah kuyup.

Andina Cewek IGo Wosata toraja zombie Andina Cewek IGo Wosata toraja zombie hoax Andina Cewek IGo Wosata toraja zuiderparklaan Andina Cewek IGo Wosata toraja zumbi zombie Andina Cewek IGo Wosata toraja indonesia zombie Andina Cewek IGo Wosata toraja video tana Andina Cewek IGo Wosata toraja zombie

Sesampainya di wisma monica saya langsung mandi pakai air panas. Penting banget air panas ini, untung wisma ini kamar mandinya dilengkapi air panas. Kalo ga saya bisa menggigil kedinginan. Jadwal keberangkatan bus kami adalah pukul 21.00. Oleh karena itu kami baru keluar dari wisma sekitar pukul 19.30 supaya tidak terlalu lama menunggu di luar karena udaranya sangat dingin. Sebelum ke pool bus kami singgah makan malam dulu di sebuah warung jawa yang letaknya di sebelah kantor pool bus. Saya memesan nasi goreng, rasanya enak banget dingin-dingin begini makan nasi goreng yang panas.

Andina Cewek IGo Wosata toraja yesus Andina Cewek IGo Wosata toraja yahudi youtube Andina Cewek IGo Wosata toraja lucu youtube Andina Cewek IGo Wosata toraja mayat berjalan youtube Andina Cewek IGo Wosata toraja tempo dulu youtube Andina Cewek IGo Wosata toraja song

Sampai disini berakhirlah kisah perjalanan saya ke Toraja, sebuah tempat yang mempunyai obyek wisata yang sangat unik, tidak bisa ditemukan di tempat lain. Saya berharap bisa berkunjung kesini lagi karena masih ada beberapa obyek wisata yang belum sempat saya kunjungi seperti Kambira, Lokomata, Bori dan Pallawa. Oya, pengen juga bisa menginap di Batutumonga dan melihat sunrise disana.

Kete Kesu, Wisata Kuburan dan Tulang Belulang

Kete Kesu terletak di sebelah selatan Rantepao, letaknya tidak jauh dari Rantepao, hanya sekitar 4 km. Dari Rantepao berkendaralah ke arah selatan, kemudian ada plang penunjuk jalan menuju Kete Kesu, beloklah ke kiri. Pemandangan menuju ke Kete Kesu sangatlah indah, bukit-bukit dan sawah terhampar disana. Biaya masuk ke Kete’ Kesu adalah Rp10 ribu per orang. Kete’ Kesu adalah sebuah kompleks rumah adat toraja yang disebut tongkonan dan pemakaman di tebing. Begitu masuk langsung terlihat deretan tongkonan yang unik. Kami pun berfoto-foto dengan berbagai pose. Salah satu tongkonan disana dijadikan museum, tapi pada saat itu masih belum buka.

Andina Cewek IGo Wosata toraja wedding makassar city south sulawesi Andina Cewek IGo Wosata toraja walking corpse real or fake lud Andina Cewek IGo Wosata toraja w indonezji Andina Cewek IGo Wosata toraja xgen com Andina Cewek IGo Wosata toraja xác chết biết đi Andina Cewek IGo Wosata toraja median xl guide

Kami lalu berjalan ke arah belakang menuju tebing tempat pemakaman. Di kanan kiri jalan terdapat kios-kios yang menjual souvenir khas toraja. Nanti harus mampir kesitu nih… Oya, jika ingin melihat kerbau belang juga ada disini. Ada sebuah kandang yang berisi satu kerbau belang. Saya pun berfoto-foto sama kerbau ini. Kerbau belang adalah aktor utama di acara pemakaman atau pernikahan, oleh karena itu harganya sangatlah mahal, puluhan juta rupiah satu ekornya.

Andina Cewek IGo Wosata toraja vs madura Andina Cewek IGo Wosata toraja vs dayak Andina Cewek IGo Wosata toraja vs kei di timika Andina Cewek IGo Wosata toraja wisata Andina Cewek IGo Wosata toraja wikipedia Andina Cewek IGo Wosata toraja wallpaper Andina Cewek IGo Wosata toraja wedding Andina Cewek IGo Wosata toraja walking dead

Suku Toraja percaya bahwa arwah membutuhkan kerbau untuk melakukan perjalanannya menuju akhirat dan akan lebih cepat sampai di akhirat jika ada banyak kerbau. Saya sendiri baru kali ini melihat kerbau belang secara langsung karena kerbau belang ini memang hanya hidup di tana toraja. Kerbau ini memang unik, selain tubuhnya berwarna belang hitam dan pink, matanya juga memiliki banyak unsur warna putih. Semakin banyak warna pink di tubuh seekor kerbau maka makin mahal pula harganya. Jika ingin puas melihat kerbau belang datanglah ke Pasar Belo tempat jual beli kerbau. Tapi pasar ini hanya buka enam hari sekali dan sayangnya pada saat kami disana pasarnya lagi tutup.

Andina Cewek IGo Wosata toraja tour package Andina Cewek IGo Wosata toraja utara rantepao Andina Cewek IGo Wosata toraja utara news Andina Cewek IGo Wosata toraja utara dalam angka 2017 Andina Cewek IGo Wosata toraja ultra scenic run Andina Cewek IGo Wosata toraja utara heboh Andina Cewek IGo Wosata toraja utara terkini Andina Cewek IGo Wosata toraja utara yt

Sesampainya di ujung jalan terlihat tebing menjulang yang di celah-celahnya terdapat peti-peti kayu tempat mayat disemayamkan. Peti-peti ini berbentuk rumah dan perahu kecil. Terlihat juga tengkorak-tengkorak dan tulang-tulang berserakan di celah-celah tebing. Di beberapa titik juga terdapat sesajen yang berisi rokok, makanan, dan minuman soda (mungkin itu dulu kesukaan orang yang meninggal semasa hidup ya…). Di bagian bawah tebing terdapat dua buah makam yang sangat besar berbentuk rumah dan di depannya ada patung manusia yang dibuat mirip dengan orang yang meninggal. Kami juga melihat sebuah lubang di tebing yang tertutup pagar besi dan digembok. Di dalamnya terlihat patung-patung sebuah keluarga. Konon di dalam lubang itu, selain makam juga terdapat benda-benda berharga almarhum sehingga dipagari dan digembok.

Andina Cewek IGo Wosata toraja song Andina Cewek IGo Wosata toraja s.r.o Andina Cewek IGo Wosata toraja terletak di Andina Cewek IGo Wosata toraja tour Andina Cewek IGo Wosata toraja tempo dulu Andina Cewek IGo Wosata toraja trip

Upacara pemakaman suku toraja kadang-kadang baru digelar setelah berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun sejak kematian yang bersangkutan, dengan tujuan agar keluarga yang ditinggalkan dapat mengumpulkan cukup uang untuk menutupi biaya pemakaman. Suku Toraja percaya bahwa kematian bukanlah sesuatu yang datang dengan tiba-tiba tetapi merupakan sebuah proses yang bertahap menuju Puya (dunia arwah, atau akhirat). Dalam masa penungguan itu, jenazah dibungkus dengan beberapa helai kain dan disimpan di bawah tongkonan. Arwah orang mati dipercaya tetap tinggal di desa sampai upacara pemakaman selesai, setelah itu arwah akan melakukan perjalanan ke Puya.

Andina Cewek IGo Wosata toraja sulawesi mana Andina Cewek IGo Wosata toraja sulawesi Andina Cewek IGo Wosata toraja sulawesi selatan

Setelah puas melihat kuburan di tebing, sekarang tiba waktunya untuk berbelanja. Souvenir yang dijual disini kebanyakan adalah ukiran kayu khas toraja. Setiap ukiran memiliki nama khusus. Motifnya biasanya adalah hewan dan tanaman yang melambangkan kebajikan, contohnya tanaman air seperti gulma air dan hewan seperti kepiting dan kecebong yang melambangkan kesuburan. Selain itu juga motif kerbau atau kekayaan, sebagai harapan agar suatu keluarga memperoleh banyak kerbau. Tentunya saya membeli ukiran kayu tersebut untuk hiasan dinding di rumah. Selain untuk hiasan dinding, ukiran kayu juga dibuat dalam bentuk peralatan rumah tangga seperti baki, asbak, tempat tissue, tatakan gelas, dan lain sebagainya. Saya memilih sebuah baki kecil dengan harga Rp 50 ribu untuk saya bawa pulang. Disana juga dijual kain-kain dengan motif toraja, tapi sayang tidak banyak motifnya. Saya pun membeli kain dengan motif ornamen khas toraja kembaran dengan grandis. Punya saya warna putih dan pink, sedangkan punya grandis warna hijau dan emas. Harga kain itu per lembarnya 105 ribu dengan panjang 3 meter.

Mengunjungi Bukit Batu Lemo dan Menelusuri Gua Makam Londa

Perjalanan kami berlanjut ke Lemo, obyek wisata berupa bukit batu yang di dalamnya terdapat lubang-lubang yang menjadi makam suku Toraja. Sebenarnya dari Kete Kesu lebih dekat ke Londa, tapi kami sengaja menuju tempat yang paling jauh dulu. Setelah dari Lemo baru kami ke Londa. Tiket masuk ke Lemo adalah Rp 10 ribu per orang untuk turis domestik.

Andina Cewek IGo Wosata toraja rantepao Andina Cewek IGo Wosata toraja rambu solo Andina Cewek IGo Wosata toraja rohani Andina Cewek IGo Wosata toraja rental makassar

Menurut referensi yang pernah saya baca bukit batu ini dinamakan Lemo karena bentuknya mirip limau (buah jeruk). Tiap lubang di bukit batu ini berukuran sekitar 3 x 5 meter yang digunakan untuk kuburan satu keluarga. Lubang-lubang ini ditutup dengan pintu kayu dan letaknya cukup tinggi, mencapai belasan meter. Mayat dimasukkan ke dalam lubang dengan menggunakan tangga atau ditarik dengan tali. Lubang dibuat dengan cara memahat bukit batu secara manual, pengerjaannya memakan waktu antara enam bulan sampai dengan satu tahun. Di dinding tebing ini terdapat patung-patung orang yang meninggal berjejer yang disebut tau-tau. Konon untuk membuat tau-tau harus dipenuhi berbagai syarat antara lain menyembelih kerbau sebanyak 24 ekor. Wooouuww… mahaaalll yaaa….

Andina Cewek IGo Wosata toraja pango pango Andina Cewek IGo Wosata toraja paradise Andina Cewek IGo Wosata toraja quotes quick count Andina Cewek IGo Wosata toraja utara quote Andina Cewek IGo Wosata toraja quick count Andina Cewek IGo Wosata toraja qnet Andina Cewek IGo Wosata toraja

Hujan gerimis turun pada saat kami berada di Lemo, tapi tidak masalah lah…, tidak menghalangi kenarsisan kami untuk berfoto-foto. Pada saat itu sepi sekali di Lemo, hanya kami berdua dan dua turis domestik laki-laki yang berwisata disana. Menurut saya sih, keren sekali bukit batu ini… Yang seperti ini hanya ada di Toraja…..

Andina Cewek IGo Wosata toraja orang mati Andina Cewek IGo Wosata toraja of sulawesi Andina Cewek IGo Wosata toraja on the spot orang Andina Cewek IGo Wosata toraja terkaya lagu Andina Cewek IGo Wosata toraja o ambe'ki dao suruga o que é toranja Andina Cewek IGo Wosata toraja provinsi apa Andina Cewek IGo Wosata toraja provinsi

Di jalan masuk menuju bukit batu Lemo ini terdapat kios-kios penjual souvenir. Barang-barang yang dijual sama dengan yang dijual di Kete Kesu. Karena kami sudah puas berbelanja di Kete Kesu maka kami tidak mampir di kios-kios ini.

Andina Cewek IGo Wosata toraja one stop adventure

Tujuan kami selanjutnya adalah Londa, yaitu gua alam yang menjadi makam bagi suku toraja. Londa terletak sekitar 7 km dari Rantepao ke arah selatan. Tiket masuk ke Londa sama dengan dua obyek wisata sebelumnya yaitu Rp 10 ribu per orang. Sebelum berjalan menuju gua kami menyewa petromax dulu yang ditawarkan di parkiran. Harga sewa petromax adalah Rp 30 ribu jika kita bawa sendiri petromax nya. Tapi kita bisa minta dibawakan oleh pemilik petromax dengan tambahan biaya seikhlas kita, pemilik petromax tidak menentukan tambahan biayanya. Nanti pemilik petromax akan berperan sebagai guide juga bagi kita. Jadi tentu kami minta dibawakan dong, petromax itu kan berat, lagian serem juga masuk gua yang penuh dengan mayat manusia… Hiiii…..

Andina Cewek IGo Wosata toraja makale Andina Cewek IGo Wosata toraja melo Andina Cewek IGo Wosata toraja mamasa Andina Cewek IGo Wosata toraja maelo Andina Cewek IGo Wosata toraja marathon Andina Cewek IGo Wosata toraja muslim Andina Cewek IGo Wosata toraja news Andina Cewek IGo Wosata toraja negeri diatas awan  Andina Cewek IGo Wosata toraja novotel

Dari kejauhan terlihat tebing tinggi yang dipenuhi tanaman. Di kaki tebing inilah tersembunyi sebuah gua alam yang dijadikan makam. Di tebing di atas mulut gua terdapat tau-tau (patung orang meninggal) yang berdiri berjajar. Setelah berfoto di depan gua kami pun masuk ke dalam gua. Di dalam gua terdapat banyak tengkorak dan tulang-tulang manusia serta peti-peti mati. Di beberapa tempat juga terdapat sesajen yang kebanyakan berupa rokok. Coba kalo kesini sedirian gimana ya rasanya… Takuuutt…. Gua ini cukup panjang dan juga bercabang, di beberapa bagian sangat rendah tingginya kurang dari satu meter, jadi kami harus menunduk dan berhati-hati ketika berjalan.

Andina Cewek IGo Wosata toraja jadul Andina Cewek IGo Wosata toraja jakarta Andina Cewek IGo Wosata toraja jewish dna Andina Cewek IGo Wosata toraja jogja Andina Cewek IGo Wosata toraja kopi Andina Cewek IGo Wosata toraja kalosi Andina Cewek IGo Wosata toraja kota Andina Cewek IGo Wosata toraja kerbau Andina Cewek IGo Wosata toraja kete kesu Andina Cewek IGo Wosata toraja kuburan Andina Cewek IGo Wosata toraja ke makassar Andina Cewek IGo Wosata toraja karaoke Andina Cewek IGo Wosata toraja kareba Andina Cewek IGo Wosata toraja kuburan batu k 2 tana Andina Cewek IGo Wosata toraja Andina Cewek IGo Wosata toraja land Andina Cewek IGo Wosata toraja logo Andina Cewek IGo Wosata toraja lucu Andina Cewek IGo Wosata toraja lolai Andina Cewek IGo Wosata toraja lovely december Andina Cewek IGo Wosata toraja londa Andina Cewek IGo Wosata toraja lagu Andina Cewek IGo Wosata toraja lirik Andina Cewek IGo Wosata toraja longsor Andina Cewek IGo Wosata toraja londe l'arbre de Andina Cewek IGo Wosata toraja

Menelusuri gua yang penuh dengan tengkorak dan tulang manusia ini merupakan pengalaman yang sangat berkesan karena tidak mungkin kita temui di tempat lain. Alhamdulillah saya bersyukur sekali bisa berkunjung ke Toraja….