Pesona Wisata Indonesia - Tempat-Tempat Paling Hit dan Spot Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Paling Indah

Tempat Wisata Paling Menarik Di NTT yang sangat Sayang Dilewatkan Musim Panas ini

Wisata Holik - Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu provinsi di Indonesia bagian tenggara yang memiliki ragam obyek wisata, sebut saja Danau Tiga Warna Kelimutu, Biawak Raksasa Komodo, Obyek Wisata Bahari, hingga Wisata Sejarah yang dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke tempat tersebut.

NTT yang berpusat di Kupang memiliki penampakan alam yang luar biasa indah untuk disambangi. Potensi ini didukung oleh pemerintah setempat hingga menjadikannya sebagai salah satu destinasi yang terkenal di dunia. Salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh traveler dunia adalah Pulau Komodo. berbeda dengan kota jogja yang lebih mengandalkan keeksotisan wisata alam, meskipun ada beberapa tempat yang layak dijadikan destinasi wisata budaya (baca: Wisata Jogja )Di pulau ini, komodo berkembang biak dengan baik bahkan mencapai angka ribuan, hal inilah memikat pemerintah hingga dijadikan sebagai destinasi wisata nasional (Taman Nasional Komodo).

Untuk mengunjungi tempat ini, anda dapat menempuhnya dengan menggunakan transportasi udara maupun laut. Anda tidak perlu khawatir, mengingat di NTT terdapat 1 bandara bertaraf internasional (El Tari Kupang) yang melayani penerbangan dari luar NTT, 13 bandara domestik yang menghubungkan antar kepulauan maupun antar kebupaten dan beberapa pelabuhan seperti Waingapu (Sumba), Kupang (Timor Barat), Larantuka (Flores Timur), Lorosay (Sikka, maumere). untuk transportasi darat anda dapat menggunakan Bemo, Bis Damri, hingga Ojek Motor. 

Potensi alam yang terdapat di Nusa Tenggara Timur tidak kalah indahnya dengan provinsi lain, namun hal ini cenderung dilupakan oleh pemerintah setempat. Pulau Komodo dan Pantai merah adalah ikon Utama di tempat ini bahkan disebutkan tidak ada duanya di Indonesia. Pantai Merah/Pink Beach bahkan hanya ada tiga di Dunia.

Daftar Wisata Pantai Nusa Tenggara Timur

1. Pantai Mandorak

Pasir putih di pantai Mandorang dengan sedikit karang membuat pantai sangat layak untuk dikunjungi. Terletak di Daerah Sumba, Mandorak masih sangat bersih dan memiliki air laut yang super jernih dengan warna biru. Pantai pesisir selatan yang berhadapan langsung dengan samudera india membuat para pengunjung tentu saja akan berlama-lama di dalam pantai ini.

Selain pantai yang biru, ada sebuah air terjun yang memiliki air tawar. Air terjun ini tentu saja bisa dijadikan tempat bilas sehabis mandi air laut di Pantai Mandorak. Belum banyak orang yang tau keberadaan pantai Mandorak, hanya nelayan setempat yang menyandarkan kapal sehabis menangkap ikan.


karang di pantai Pantai Mandorak kuil dan bangunan desa


2. Pantai Ratenggaro

Pantai Rantenggar bisa jadi destinasi wisata yang lebih dari sekedar pantai karena dipadukan dengan budaya yang sangat kental dari kampong adat Ratenggaro. Disekitar pantai terdapat kubur-kubur yang sudah tua dan unik. Kubur yang berjejer di sepanjang pantai menunjukkan jika kebudayaan suku Ratanggaro salah satu yang tertua di Indonesia.

Ratenggaro termasuk pantai yang memiliki ombak yang menggulung, jadinya pantai ini bisa jadi menjadi salah satu surge bagi para surfer.  Hanya saja sampai artikel ini terbit belum ada fasilitas pendukung untuk Surfing, jadi para pemburu ombak harus menyediakan alat-alat Surfing sendiri. Lokasi pantai ini terletak paling 48 km dari kabupaten Sumba.


 2. Pantai Ratenggaro


3. Pantai Tablolong

Kupang sudah terkenal memiliki banyak Pantai dengan pasir putih dan air laut biru yang indah dan eksotis. Salah satu pantai yang terkenal adalah Pantai Tablolong. Nama Tablolong tidak lain adalah perkampungan nelayan yang ada dekat dengan pantai ini.

Pantai Tablolong diapit oleh pulau yakni pulau Timor dan juga Pulau Rote. Salah satu wisata andalan dari Pantai Tablolong adalah spot fishing yang kaya dengan ikan-ikan monster. Berbagai skala perlombaan Fishing di tempat ini sudah dilakukan baik dari skala nasional dan juga skala internasional. Hal ini karena 10 Mil dari garis pantai Tablolong merupakan jalur migrasi ikan.


Pantai Tablolong pasir panjang hitam dan manis hitam indah sangat luar biasa

4. Pantai Lasiana

Pantai Lasiana adalah salah satu alternative wisata di Kupang, NTT. Pantai Lasiana sudah menjadi salah satu spot wisata sejak tahun 1970. Pantai dengan luas daerah landau mencapai 3,5 hektar are dipenuhi dengan tanaman Nyiur dan Lontar yang berjajar di sepanjang hamparan pantai pasir putih. Deburan ombak yang bergantian mencapai pantai membuat suasana asri dari pantai sangat menyejukkan hati.

Sebagai salah satu spot Wisata tertua di NTT, Pantai Lasiana tentu sudah menyediakan berbagai macam fasilitas dan jenis wisata. Salah satu pariwisata andalan dari Pantai Lasiana adalah Spot Mancing yang terkenal dan juga wahana permainan air yang tidak kalah menariknya.


Pantai Lasiana pantai yang banyak pohon kelapa pasir putih dan indah

5. Pantai Kalbano

Pantai Kalbano adalah sebuah pantai yang memiliki kriteria batu cadas atau karang laut dan bahkan sangat sulit ditemukan pasir putih di pantai ini. Pantai Kalbano terletak di sebelah selatan dari Pulau Timur atau sekitar 90 km dari Soe dan 135 kilometer dari kota Kupang. 

Kriteria pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia tentu saja selalu memiliki air laut yang super jernih. Hal yang unik dari Pantai Kalbano adalah adanya jutaan batu warna-warni di sepanjang pantai. Batu-batu ini sangat lembut dan tidak berbahaya ketika kita menyusuri pantai dengan kaki telanjang. Berjalan di pantai ini tentu saja sangat cocok sebagai pijat refleksi.


Pantai Kalbano batu dengan pantai super unik di indonesia kepala desa kalbano

6. Pantai Labuan Bajo (Manggarai) 

Pantai Labuan Bajo adalah tempat terbaik untuk mendapatkan pemandangan indah, menikmati senja adalah daya terik utama terlebih lagi dirasakan di bukit penginapan sekitar. Labuan Bajo merupakan sebuah pelabuhan kecil yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo menjadi salah satu pintu gerbang paling ramai untuk menuju wisata alam di Pulau Komodo.

Ada yang unik dari labuan Bajo, yakni sebuah bukit di atas pelabuhan yang sangat sering dijadikan sebagai tempat foto Selfie, Bahkan banyak cewek cantik yang datang ke tempat ini hanya untuk mendapatkan View Pulau di belakangnya yang tentu saja sangat eksotis.

cewek cantik manis pamer perut mulus di Pantai Labuan Bajo (Manggarai)


7. Pink Beach/Pantai Pink (Pulau Komodo) 

Salah satu pesona Wisata di Nusa Tenggara yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Pink Beach atau pantai Pink. Nama ini diambil karena memang mewakili bentuk dan keindahan pantai Pink Beach yang memiliki pasir pantai yang tidak berwarna putih atau kuning, akan tetapi warna merah jambu.

Pantai ini berdekatan dengan SPOT anda bisa menikmati Komodo atau dalam bahasa Inggris kadang disebut Dragon. Hewan Purba yang masih hidup di Pulau Komodo. Kadal Raksasa ini bahkan sudah menjadi salah satu keajaiban dunia yang sangat sayang kalau kita sebagai orang Indonesia tidak pernah melihatnya secara langsung.

Pulau Komodo punya pantai unik berwarna pink yang indha sangat mempesona

Pantai Nihiwatu (sumba Barat) - Dapat dikatakan sebagai surganya bagi peselancar, sangat baik untuk menyalurkan hobi tersebut namun tidak semua kalangan bisa mengaksesnya karena di kelola oleh sebuah resort international.

Pantai Nembrala (Pulau Nembrala) - Banyak yang menyebutny sebagai kutanya Nusa Tenggara Timur, tempat ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah dibumbui dengan kegiatan snortkeling, menyelam, berenang hingga berselancar.

Selain dari kesembilan pantai di atas anda juga dapat berkunjung ke beberapa wisata pantai berikut:
Pantai Paga (Maumere, Sikka), Pantai Tanjung Bastian (Timor Tengah Utara), Pantai Mbuu (Ende), Pantai Waijarang (Lembata), Pantai Koka (Sikka), Pantai Timor (Kupang), Pantai Neam (kupang), Pantai Liman (Kupang), Pantai Otan (Kupang), Pantai Onanbalu (Kupang), Pantai Uih Make (Kupang), Pantai Uitiuhtuan (Kupang), Pantai Bean (Lembata), Pantai Batu Putih (Kabupaten Alor), Pantai Watutena (Pulau Adonara)
Pantai Watuhari (Pulau Solor), Pantai Walakiri (Sumba), dll.

Daftar Wisata Air Terjun Nusa Tenggara Timur

Air Terjun Cunca Rami (Manggarai Barat) - Air terjun yang terabnyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, selain keindahan yang ditawarkan oleh wisata ini, ia jug berdekatan dengan obyek wisata lain sepert pulau komodo.


wisata alam air terjun cunca rami nusa tenggara timur

Air Terjun Oehala (Timor Tengah Selatan) - Air terjun ysng menjadi wisata andalan kab. Timur Tengah Nusa Tenggara Timur, memiliki bentuk yang unik dihiasi dengan percikan air tujuh tingkat adalah pesona tersembunyi yang tidak diketahui beberpa wisatawan.


wisata alam air terjun oehala nusa tenggara timur

Air Terjun Oenesu (Kupang) adalah air terjun empat tingkat yang berada di kupang. Air yang bersal dari pepohon rindang menjadi daya tarik wisata ini, selain itu terdapat kolam alami untuk memanjakan pengunjung yang hobi akan berenang.

Selain ketiga Air terjun Populer di atas anda juga dapat memilih daftar berikut sebagai destinasi wisata selanjutnya:  Air Terjun Cunca Wulang (Manggarai Barat), Air Terjun Cunca Rede (Manggarai Timur), Air Terjun Kedebodu (Ende) Air Terjun Laindamukki (Sumba Timur), Air Terjun Lapopu (Sumba Tengah), Air Terjun Laputi (Sumba Timur), Air Terjun Matayangu (Sumba Tengah), Air Terjun (Moni), Air Terjun Murundao (Ende), Air Terjun Murusobe (Sikka), Air Terjun Pabeti Lakera (Sumba Barat Daya), Air Terjun Tesbatan (Timor Tengah Selatan), Air Terjun Wae Roa (Ngada), Air Terjun Waikelo Sawah (Sumba Barat Daya)

Daftar Wisata Pegunungan Nusa Tenggara Timur

Gunung Kelimutu - Kelimutu adalah salah satu Taman Nasional Indonesia, Ditempat ini terdapat danau kelimutu yang memiliki 3 warna berbeda.


wisata alam gunung kelimutu

Gunung MutisCagar Alam gunung mutis terletak di Mollo Utara, Kab. Timor Tengah Selatan. Gunung Mutis ini terkenal dengan batu marmer yang disebut Faut Kana.

Gunung Fatuleu - adalah gunung tertinggi di Kupang, berada tepa di poros tengah yang menghubungkan Kupang dan Timor Leste menjadikanya sebagai tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

Gunung Api Sirung - Sebuah gunung merapi yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Tempat itu tidak seterkenal dengan gunung Kelimutu namun banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Gunung Poco Ndeki - Salah satu gunung wisata yang terletak di Manggarai Timur. Di tempat ini ditemui batu yang menyerupai alat kelamin Perempuan dan Laki-laki.

Ada beberapa gunung di Nusa Tenggara Timur yang bisa juga anda kunjungi seperti: Gunung Batutara, Gunung Egon, Gunung Fatu Timao, Gunung Iliwerung, Gunung Ine Lika, Gunung Lakaan, Gunung Lewotolo, Gunung Rokatenda

Wisata Sejarah
Museum Bahari Ende 
Museum Bikon Blewut 
Museum Seribu Moko
Kampung Megalitik Bena
Pasola 
Situs Megallit Lai Tarung 
Situs Kamba Jawa dan Deru
Bukit Soekarno (Ende)
Monumen Sasando (Rote)
Kuburan Raja Taebenu di Manutapen,
Tugu Pancasila di LLBK, 
Meriam Jepang, 
Meriam Sekutu 
Kelapa Lima, 
Gua Jepang di Liliba, 
Tugu Jepang di Penfui, 
dan Meriam Sekutu di Nunhila.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel