Jalan-jalan Ke Taman Wisata Alam Air Terjun Bantimurung

Pesona Air Terjun Bantimurung Yang Indah

Wisata Holik - Anda pernah mendengar taman Kupu-kupu, Kemungkinan nama yang anda dengar adalah Taman Wisata Alam Bantimurung. Bantimurung adalah salah satu pemandian alam berupa air terjun besar yang terletak di Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Awalnya permandian ini hanya memiliki satu wahana andalan yakni Air Terjun Bantimurung, namun seiring dengan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Maros, Bantimurung kini memiliki fasilitas seperti taman bermain, kolam renang untuk anak-anak, taman Kupu-kupu, musholla, fitness center, lapangan tennis, penginapan dan inn.

Taman Wisata Bantimurung terletak di dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung atau disingkat TB Babul. Taman Babu berada di Sulawesi Selatan yang memiliki pesona hutan dan pegunungan Batu Karts terluas ketiga diseluruh dunia. Luas wilayah daerah ini meliputi area sebesar ± 43.750 Ha. Secara Administrasi, TN Babul berada di dalam dua kabupaten yakni Maros dan kabupaten Pangkajene.

cewek cantik indah seksi pakai hijba mandi di Bantimurung

Lokasi Taman Wisata dna Air TerjunBantimurung

Taman nasional ini ditunjuk menjadi kawasan konservasi atau taman nasional berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : SK.398/Menhut-II/2004 tanggal 18 Oktober 2004. Saat ini dikelola oleh Balai Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, yang berkedudukan di kecamatan Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan.

Taman wisata alam Bantimurung terletak kurang lebih 40 km dari kota Makassar tepatnya di kabupaten Maros, kecamatan Bantimurung. Letaknya dapat diakses dengan menempuh jalan poros Camba menuju kabupaten Bone via Camba. Memasuki ibukota kecamatan kota Maros Terdapat percabangan yang ada stasiun pengisian bahan bakar umum. Untuk menuju Bantimurung, anda harus mengmbil jalur sebelah kanan di percabangan sebelum pasar kabupaten Maros. Jalan Tersebut adalah poros Camba menuju ke Bone. Setelah masuk mengambil jalan sebelah kanan, Ikuti saja jalan sampai akhir nya terdapat patung kupu-kupu kira-kira setinggi 10 meter dan juga terdapat patung Monyet sebelah. Bantimurung terletak di sebelah kiri jalan.

Jalan poros Camba adalah jalan poros yang sangat indah. Disepanjang jalan akan ada area persawahan yang di airi oleh irigasi dengan kanal yang cukup lebar. Kanal tersebut mengikuti bentuk jalan hingga ke lokasi wisata Bantimurung. Air dari kanal hingga saat masih digunakan oleh penduduk lokal untuk mandi, mencuci baju dan beberapa juga menggunakan sebagai tempat air minum ternak. Jika anda memiliki keinginan untuk mandi di kanal tersebut, disarankan untuk melihat titik-titik dimana warga mandi bersama. Jika musim penghujan air, isi kanal cukup tinggi untuk dapat berenang-berenang.

air terjun indah

Air Terjun Bantimurung

Memasuki kawasan Taman Wisata Bantimurung, anda akan mengunjungi sebuah air terjun besar seperti sungai yang dibendung oleh batu besar. Air terjun mengalir deras dari sungai dari pegunungan karst Bulusaraung. Air pegunungan karst yang alami membuat para pengunjung dapat menikmati sejuknya suasana mandi dipegunungan di permandian alam Bantimurung. Hal inilah yang membuat Bantimurung selalu ramai oleh pengunjung bahkan di hari kerja sekalipun. Air ini terus mengalir sepanjang tahun bahkan di musim kemarau, hanya saja debit air pada musim kemarau tidak begitu besar, akan tetapi justru musim panas adalah musim dimana bantimurung dipadati oleh pengunjung.

Sekitar area permandian terdapat balai-balai yang bisa digunakan oleh pengunjung, namun untuk menggunakan fasilitas ini dikenakan biaya tambahan. Jika anda tidak ingin merogoh kocek lebih dalam, di tempat ini juga terdapat penyewaan tikar yang terdapat di sepanjang aliran sungai. Anda tidak perlu khawatir kepanasan, di sekitar wilayah Bantimurung banyak terdapat pohon besar yang rindang, sehingga anda bebas memilih tempat tanpa khawatir kepanasan.

Hibiscus Rosasinensi). Jika anda cukup tertarik, beberapa merchant menyediakan hiasan dinding dari kupu-kupu yang diawetkan, atau sekedar gantungan kunci.

BAnti Murung indah dan manis usper manis air terjun yang palin keren di Indonesia

Gua Mimpi

Nama gua Mimpi di ambil dari cerita rakyat berkembang, konon gua tersebut didapatkan melalui sebuah mimpi yang menyampaikan bahwa terdapat sebuah gua di atas gunung. Akses ke guya mimpi berada disamping air terjun melalui sebuah tangga yang telah di bangun oleh pihak pengelola.. Setelah melewati tangga dengan tinggi sekitar 20 sampai 30 meter, anda akan menyusuri pinggiran sungai yang dikelilingi bati karts. Air sungai alami berwarna kehijauan akan menemeni perjelanan hingga mecampai sebuah Gua yang sangat dalam. Anda tidak perlu khawatir, untuk dapat menikmati gua tidak dibutuhkan skill caving yang memadai. Anda hanya perlu menyewa sebuah senter besar karena gua yang lumayan dalam, sekitar 100 meter.

Di dalam gua Mimpi, terdapat pintu ke gua lagi. Lubang pintu agak sempit untuk dapat dilewati sehingga pengunjung harus membungkuk. Didalam gua ini terdapat mata air ketemu jodoh. Konon siapa saja yang membasuh muka di air ini akan dimudahkan urusan terkait masalah jodoh.

Di luar gua Batu adalah tempat yang paling indah di kawasan ini. Terdapat banyak kupu-kupu alami yang terbang diantara sungai di depan gua. di sungai ini juga terdapat air terjun, namun pengunjung dilarang untuk mandi karena sumber air dari dalam memiliki arus arah kebawah batu besar yang ketika kita terhisap, tidak akan pernah bisa naik lagi.

cewek igo cantik dan manis di Gua Mimpi Bantimurung

Ringkasan

Harga Tiket Masuk
Rp. 35.000
Wahana
1.       Air Terjun Bantimurung
2.       Gua Mimpi
3.       Gua Batu
4.       Kolam Renang
5.       Taman Kupu-kupu
Lokasi
Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan
Oleh-Oleh Khas
1.       Pernak-Pernik Kupu-kupu
2.       Kaos Kupu-Kupu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel